Jumat, 25 Agustus 2017


setelah selesai menghubungkan setiap router dengan kabel serial, pada konfigurasi serial sedikit berbeda dengan fastethernet, yaitu clock rate
"apa itu clock rate ?" Clock rate adalah kemampuan putaran yang terjadi dalam satu detik dan dihitung dalam satuan Hz, atau kemampuan untuk mengirimkan sinyal listrik dalam satu detik.


"kenapa hanya salah satu dari 2 interface yang menghubungkan 2 router yang di konfigurasi clock rate ?"
 
ada 2 istilah pada networking, yaitu DCE dan DTE
DCE : Data Communications Equipment
DTE : Data Terminal Equipment

DCE berfungsi untuk memberikan jalur untuk komunikasi sedangkan DTE adalah device/perangkat yang menjadi akhir dari komunikasi tersebut maka dari itu interface yang ada icon jam kecil bekerja sebagai DCE.

Dalam pengetahuan komputer, istilah clock rate biasanya digunakan untuk menyebut kecepatan kerja prosesor yang diukur dalam satuan herz.. Sebenarnya clock rate menyatakan banyaknya siklus per detik (cycles per second). Siklus yang dimaksud adalah siklus transfer nilai (data) dari satu register prosesor ke lainnya. Misalnya dalam satu detik terjadi 100 siklus pengiriman nilai, maka dapat dikatakan clock rate-nya adalah 100 herz. Dengan demikian, jika clock rate suatu prosesor 800 MHz, maka prosesor tersebut mampu mengerjakan 800 juta siklus pengiriman (transfer) nilai atau data per detik. Dengan kata lain, prosesor tersebut mampu mengirim nilai/data sebanyak 800.000.000 kali dalam satu detik.
Clock rate menyatakan banyaknya ‘transfer’ dalam satu detik. Makna kalimat:
banyaknya transfer dalam satu detik’
identik dengan
seringnya transfer dalam satu detik’
‘Banyaknya transfer’ atau ‘seringnya transfer’ dalam satu detik, menggambarkan frekuensi kejadian dalam satu detik. Itulah sebabnya clock rate disebut juga dengan istilah frekuensi.
Perhatikan pula pernyataan ini : ‘Semakin banyak data yang ditransfer dalam satu detik, semakin cepat kinerja prosesor dalam menyelesaikan pengiriman data.’ Pernyataan tersebut melukiskan kecepatan prosesor. Itulah sebabnya clock rate disebut juga dengan istilah clock speed.
Ada pula yang mendefinisikan clock rate dengan pernyataan: ‘Clock rate adalah kecepatan irama kerja prosesor dalam satu detik, diukur dengan satuan Herz, Mega Herz, atau Giga Herz.’ Pengertian ini tidak salah, identik dengan pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja pelahiran kalimatnya yang berbeda.


Get free daily email updates!

Follow us!


1 komentar :